Tuesday, March 20, 2012

Pesan Nabi Muhammad


Sebagian pesan-pesan Nabi Muhammad saw sebelum wafat pada saat melaksanakan ibadah haji perpisahan :

“Wahai umatku, aku mungkin tidak akan bersama kalian lagi ditempat ini, bertakwalah kamu sekalian kepada Allah, taatlah kepada pemimpinmu selama ia berpegang pada Al-Qur’an dan Sunnahku. Aku takut akan tiga hal kepada ummatku setelah aku tiada, kesesatan setelah mereka beriman dengan benar, banyaknya penyebar fitnah yang menyesatkan ummatku, dan ummatku yang sangat mengikuti keinginan syahwatnya. Sungguh aku takut kekayaan dan kekuasaan yang diberikan Allah kepada ummatku sebagai cobaan, akan membuat mereka saling bertikai untuk memperebutkannya yang kemudian akan melemahkan dan menghancurkan mereka. Kalian semua adalah sama-sama keturunan Adam as, hapuskanlah pertikaian diantara kalian, yang paling mulia diantara kalian adalah yang paling bertakwa kepada Allah. Setiap muslim bersaudara dengan muslim lainnya, diantara muslim tidak ada ras dan suku bangsa, jangalah kalian keluar meninggalkan persaudaraan Islam, dan janganlah memutuskan tali silaturahmi diantara kalian. Setelah aku tiada ummatku akan terpecah menjadi dua golongan, satu golongan mengikuti ajaranku dan berjuang di jalan Allah, sedangkan golongan lainnya berjuang tidak untuk Allah. Wahai ummatku, aku hanya manusia yang sebentar lagi akan kembali kepada Allah, tapi aku telah meninggalkan untuk kalian kitab suci dari Allah, Al-Qur’an dan juga sunnahku. Al-Qur’an adalah cahaya yang menerangi dan pegangan yang akan menjadi penuntun hidupmu sekalian, dan kalian tidak akan pernah tersesat selama berpegang teguh pada keduanya, kepada yang hadir sampaikan kepada yang tidak hadir. Bukan dari Muhammad, tapi dari Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an, surat Al-Maidah ayat 3:”

“(Pada hari ini) orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, takutlah kepada-Ku (Allah), pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni’mat-Ku dan telah Ku-ridhai Islam menjadi agama bagimu.”

Pada 6 juni 632, pada usia 63 tahun Muhammad saw wafat. Banyak pengikutnya yang tidak percaya akan hal ini, bagaimana mungkin orang seperti dia wafat. Sahabat Nabi, Abu Bakar As-Shidiq berdiri di mesjid mengatakan, jika ada orang-orang yang menyembah Muhammad, sampaikan bahwa Muhammad telah wafat, tapi mereka yang menyembah Allah, Allah selalu hidup tidak pernah wafat.

Rasulullah saw bersabda :
“Berbahagialah kamu yang dapat bertemu denganku kemudian beriman kepadaku. Dan lebih berbahagia lagi,,,lebih berbahagia lagi mereka yang tidak pernah bertemu denganku, akan tetapi mereka beriman dan mengikuti ajaranku.”

No comments:

Post a Comment