Friday, May 4, 2012

GALAU


Berdasarkan analisa dari seorang yang mau menganalisa, ternyata keGALAUan itu merupakan manifestasi isi pikiran vs isi hati.

isi pikiran dengan isi hati beda ga ya,, hmm,, kayaknya sih beda tipis,, atau malah beda tebal,, 

menurut salah satu buku dari banyak buku menyatakan isi pikiran itu melambangkan apa yang ingin kita lakukan, sedangkan isi hati itu melambangkan suatu pilihan. terkadang kita berpikir ingin pergi ke mall, ingin ke luar negeri, ingin ke luar biasa, ingin ke pasar, ingin ke hutan atau belok ke pantai,,ingin kesana, ingin kesini, ingin kemana-mana,,ingin ini, ingin itu,, 

namun isi hati yang menentukan pilihannya, misalnya hmm,,kalau ingin pergi ke mall harus punya uang buat ongkos, buat makan, belanja,,atau buat memberi pengamen mungkin,,, berarti pasti mengeluarkan uang kan walau sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit,, nah kemudian pasti ujung-ujungnya hati bicara "pergi ga ya", "jadi ga ya", "bagus ga ya", bener ga ya",  "dosa ga ya", "iya nggak ya" dan seterusnya lanjutin aja sendiri ya.. :)

namun bagaimanapun pasti antara pikiran dan hati saling berNEGOsiasi,,ya kalo mereka sedang ber-nego, sebaiknya kita dengerkan saja dulu,, kalo mereka sudah capek ber-nego kemudian kita yang memilih,, pilih pikir atau hati,,jangan malah minta jantung ya,, :)  
kalo pilih hati minumnya teh botol sosro,, lol!..

nah biasanya dalam memilih hati atau pikir ini bisa membuat orang menjadi "galau", kalo sudah galau, bershowerlah!.. :)

keGALAUan memiliki kesamaaan dengan beberapa arti yaitu, ke-cemas-an, ke-panik-an, ke-gelisah-an, ke-resah-an, ke-bingung-an, (yang penting ada ke- dan -an,, :-) 

ketika hidupmu sulit untuk memilih atau "galau",, berikut tips mengatasinya : 

1. curhat-lah pada teman/keluarga/siapa saja yang kira-kira bisa membantu mu mengambil keputusan,,kalau tidak ada sama sekali, ya cari lagi sampai ketemu,, :) 

2. buat-lah pertimbangan2 yang bisa memberatkan badan mu, loh?! maksudnya buat pertimbangan yang dapat memperkuat keputusan mu nanti.

3. alihkan rasa galau dengan mengkonsumsi makanan yang enak dan kalian suka. coklat atau es krim enak tuh,, :)

4. Berusaha menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi agar galau tidak menjadi berkepanjangan, cepat tentukan pilihan,, "pikir" atau "hati", supaya tidak kelamaan galau nya,,

5. nah ini yang yang paling utama,,yaitu hati kita yang musti dibenerin dulu. Ada ruang di dalam hati manusia yang nggak bisa digantiin oleh apapun kecuali kehadiran Tuhan. So, harus ada Tuhan di dalam diri dan hidup kita. Kita juga harus tau tujuan hidup itu apa. Tujuan hidup tuh bakal ngarahin kita bagaimana kita ngejalanin hidup, untuk apa kita melakukannya, untuk siapa, dengan harapan yang bagaimana. Pikirin hal2 yang baik, hal yang mulia, yang enak didengar. Bersyukur dan berserah pada Tuhan. Bersyukur itu bakal bikin pikiran kita rileks untuk memilih, kita juga merasa puas dengan apa yang udah kita terima. Bersyukur itu tanda kita bisa menikmati hidup. Bersyukur juga bikin kita merasa kalo diri kita tuh berharga, diperhatiin dan disayang. Udah pasti lewat doa yang kita sampaikan kepada Tuhan.

Tau nggak sih,, kalo ga tau ya tempe aja,, :)
kalo kita sering berdoa itu bakal mengurangi keGALAUan yang ada dalam hati vs pikiran kita. Doa itu membangun komunikasi dengan Tuhan. Tuhan yang Maha Tau, tau apa yang akan terjadi di depan kita, tau kebutuhan kita, tau kegelisahan kita, tau ketakutan dan kekuatiran kita. So, kita bisa ungkapin apa yang mengganjal di hati kita kepada Tuhan. Dengan berserah, kita mempercayakan kepada Tuhan apa yang akan terjadi di depan kita. Kita mempercayakan hidup kita kepadaNya.
Karena Dia ALLAH yang baik. Dia tidak pernah memberikan kepada kita, manusia ciptaanNya sesuatu yang buruk atau jahat, Dia selalu memberikan yang terbaik untuk kita, manusia ciptaanNya yang sangat di kasihiNya. :)



nb: tulisan di atas hanyalah fiktif belaka, jika ada yang tidak nyambung, ya di-sambung-kan saja, kalau tidak bisa nyambung lagi, ya putus saja,, kalau tidak bisa putus ya sudAh! (makan dulu sanna!) ^^v




silahkan baca juga "KANGEN"

5 comments: