Tuesday, March 13, 2012

Mengeluh?


Mengapa Mengeluh ??

Kita slalu bertanya dan Al-Qur'an telah menjawabnya..

Kita bertanya : Kenapa saya diuji?
Al-Qur'an menjawab, "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan begitu saja mengatakan."Kami telah beriman, sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg berdusta"(QS. Al-Ankabut: 2-3)

Kita bertanya : Kenapa saya tidak dapat apa yg saya inginkan?
Al-Qur'an menjawab, "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui"(QS. Al-Baqarah: 216)

Kita bertanya : Kenapa saya mendapatkan ujian seberat ini?
Al-Qur'an menjawab, "Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya"(QS. Al-Baqarah: 286)

Kita bertanya : Kenapa kita merasa kecewa?
Al-Qur'an menjawab, "Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang tinggi derajatnya,jika kamu orang-oang yg beriman"(QS. Ali-Imran: 139)

Kita bertanya : Bagaimana saya harus menghadapinya?
Al-Qur'an menjawab, "Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan shalat, dan sesungguhnya shalat itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk"(QS. Al-Baqarah: 45)

Kita bertanya : Kepada siapakah saya harus berharap?
Al-Qur'an menjawab, "Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain daripada-Nya. Hanya kepada-Nya saya bertawakal" (QS. At-Taubah: 129)

Kita bertanya : Apa yang saya dapat dari semua ujian ini?
Al-Qur'an menjawab, "Sesungguhnya Allah telah membeli orang-orang mukmin, baik diri dan harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka" (QS. At-Taubah: 111)

Kita berkata : Saya sedih !
Al-Qur'an menjawab, "Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran)" (QS. Ali-Imran: 140)

Kita berkata : Saya tak tahan !
Al-Qur'an menjawab, "...dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yg kafir" (QS. Yusuf: 87)

Kita berkata : Sampai kapankah saya akan mendapatkan kesulitan?
Al-Qur'an menjawab, "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (QS. Al-Insyiriah:5-6)


No comments:

Post a Comment