Sunday, May 27, 2012

Aku Tidak Ingin Masuk Akal

Keberhasilan seseorang dimulai dari ketidak-masukan akal yang di pikirkan. Seperti Matt Goldman, salah seorang pendiri The Blue Man Group dan The Blue School. Di akhir tahun delapan puluhan, dia bersama Phil Stanton dan Crish Wink memimpikan gagasan gila untuk sebuah pertunjukan bernama 'The Blue Man Group'. Mereka tampil dalam acara panggung di New York pada tahun 1987 sebagai trio berkulit biru tua dan berpakaian hitam tanpa telinga dan rambut, serta bisu. Sejak awal Blue Man sering disalahartikan, yang diinginkannya hanyalah berkomunikasi, yaitu ingin berkomunikasi dengan sesama Blue Man di panggung, dengan penontonnya, dengan segala orang dan segala sesuatu di sekitarnya. 

Saat seseorang masuk ke ruang teater dan melihat makhluk aneh berkepala botak dan berwarna biru, reaksi alaminya adalah berpikir manusia ini adalah orang aneh atau makhluk ruang angkasa. "sebenarnya aku menonton diriku sendiri, seseorang yang sangat manusiawi". Blue Man bukanlah topeng yang kita pakai, namun mengenai apa yang telah dihilangkan. Begitu kita menghilangkan gaya rambut, warna kulit, etnik, gender dan busana, semua yang melekat pada keseharian kita, apa yang tertinggal hanyalah inti yang sangat manusiawi di dalam diri kita. Menurutku itulah alasan mengapa Blue Man dapat bertahan selama bertahun-tahun. Di sana kita dapat melihat diri sendiri dengan sudut pandang yang baru.

Pelajaran yang diambil Matt Goldman adalah: jangan dengarkan nasihat orang lain. Setidaknya, jangan dengarkan nasihat mereka yang mengatakan apa yang tidak dapat kita lakukan. Lebih baik temukan penasihat baik yang kita hormati, percaya dan sayangi, dan dengarkan mereka. Setelah itu, gabungkan apa yang mereka katakan dengan apa yang kita pikirkan sendiri, dan benar-benar dengarkan diri kita sendiri, pelajaran yang kita ambil dan naluri kita.

"Aku ingin menjadi gila, dan aku menganjurkan kita semua menjadi gila. untuk menjadi orang aneh. untuk menjadi orang yang tidak masuk akal. itu yang paling kusuka. orang selalu berkata, "Ayolah, yang masuk akal saja!" aku sangat ingin berteriak, "Tidak! Aku tidak ingin masuk akal!" aku ingin menjadi benar-benar tidak masuk akal. aku ingin mengubah dunia dengan kreatif. aku juga ingin orang lain menjadi tidak masuk akal bersama-sama dengan aku." (Matt Goldman)




Couric Katie.2012.100+ Nasihat Terbaik dari Orang-orang Luar Biasa.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

artikel terkait:
Arti Kehilanagan

No comments:

Post a Comment